20 Air Terjun Terhits di Malang yang Sayang Untuk Dilewatkan

Keindahan alam di Malang tidak ada habisnya ya guys 🙂 Banyak tempat-tempat wisata yang harus kalian kunjungi, tidak hanya wisata buatannya saja yang selalu menarik, wisata alamnya juga tidak kalah menarik tentunya 🙂 Kali ini akan membahas 20 Air terjun di Malang yang pastinya sayang jika sobat traveler lewatkan 🙂 :

 

1. Coban Tumpak Sewu

Photo By : @khory_ghozaly

Air terjun Tumpak Sewu terletak di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan kecamatan Ampel Gading Malang dan kecamatan Pronojiwo Lumajang. Lebih tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Walaupun secara administratif berada di Lumajang, namun air terjun indah ini cukup popular di Malang. Oleh karena itu saya masukkan ke dalam daftar ini. Air terjun yang juga dikenal dengan nama Coban Sewu atau Grojogan Sewu ini memiliki keindahan yang luar biasa. Sumber air berderet sepanjang tebing yang berbentuk lengkungan nan indah dan megah.

Harga Tiket :
Rp 5000,-/ motor
Rp 5000,-/ orang tiket masuk

Jika sobat traveler ingin melihat air terjun dari dekat, maka harus melanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak. Trek ini cukup ekstrim dengan meniti tangga dari bamboo seadanya dan sebagian harus turun dengan berpegangan seutas tali. Begitu sampai area ini, Anda akan dikenai biaya lagi sebesar Rp 5000,-/orang.


 

2. Coban Ciblungan

Photo By : @anomharyacom

Ini dia tempat wisata air terjun terindah di Malang yang masih perawan alias belum terjamah oleh wisatawan. Namanya Coban Ciblungan yang terletak di Jalan Raya Dampit- Lumajang, Purwoharjo, Amplegading, Malang, Jawa Timur.

Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda hanya perlu sedikit trekking dengan jarak sekitar 50 meter. Air terjunnya tidak terlalu tinggi tapi menyimpan kesejukan yang luar biasa. Nah, buat sobat traveler yang suka main air, ada baiknya menyiapkan baju ganti. Disini sudah disediakan kamar mandi untuk ganti lho, walaupun belum ada WC nya. Disamping air terjun utama, terdapat air terjun kecil yang bisa Anda pakai buat basah-basahan main air.

Harga Tiket :
Tiket masuk : GRATIS
Parkir kendaraan : Rp 5000,-


 

3. Coban Cinde

Photo By : @setyavan_dana

Coban Cinde terletak di Desa Benjor, Kecamatan Tumang, Kabupaten Malang. Jarak lokasi air terjun dari Kota Malang sekitar 27 km ke arah timur. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat tempat wisata ala mini belum banyak dikunjungi wisatawan.

Selain kondisinya masih sangat alami, air terjun Coban Cinde memiliki pesona tersendiri bagi yang menyukai petualang sebab medan untuk mencapai coban ini cukup berat. Di area wanawisata Coban Cinde terdapat dua air terjun yang bias Anda temui.

Pertama, coban yang muncul dari aliran di sisi tebing setinggi kurang lebih 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar. Kedua, air terjun yang disebut dengan Coban Cinde itu sendiri. Coban ini berasal dari aliran sungai utama yang memiliki debit air besar dengan ketinggian kurang lebih 30 meter.


 

4. Coban Jahe

Photo By : @muilchariri13

 Air Terjun Coban Jahe terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang tersembunyi di kawasan Perhutani unit II Jatim Malang membuat suasana coban ini semakin alami.

Taman yang terdapat di sekitar air terjun begitu anggun menghiasi Coban Jahe yang rupawan. Tebing yang menjulang tinggi, bebatuan yang masih besar, hijaunya pepohonan yang meneduhkan dan air yang terpancar deras dari ketinggian menyuguhkan keindahan nan mempesona.

 Harga Tiket :
– Tiket masuk : Rp 5000,-
– Kendaraan : Rp 2000,-
– River tubing trek pendek : Rp 75.000,-
– River tubing trek panjang : Rp 150.000,-


 

5. Coban Manten

Photo By : @wcandrap

 Coban Manten terletak di desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun cantik ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Malang. Coban Manten juga dikenal dengan nama Coban Kembar.

Ditempat ini terdapat dua air terjun yang saling berjajar dalam satu tebing seperti sepasang pengantin. Mungkin kerena itulah air terjun ini dinamakan Coban Manten. Lokasinya yang tersembunyi dan jarang dijamah membuat Coban Manten memiliki alam yang masih sangat alami.

Biaya tiket :
Rp 15.000,-/orang


 

6. Coban Tengah

Photo By : @dewo_sa

Coban tengah memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Ketinggian coban yang juga dikenal dengan nama Coban Dudo ini sekitar 50 meter atau setangah dari Coban rondo. Airnya jatuh bebas dan deras menciptakan kolam di bawahnya.

Lingkungan sekitar yang masih alami menjadi penyejuk sepanjang mata memandang. Airnya sangat dingin dan segar. Saat berkunjung ke Coban Tengah, sempatkan untuk berenang.

Air terjun Coban Tengah termasuk objek wisata yang masih sepi pengunjung. Hal ini karena medan menuju lokasi ini bias dikatakan lumayan berat. Hanya beberapa orang yang bias sampai di coban ini. Umumnya dari kalangan penikmat alam seperti pramuka, pecinta alam, atau pendaki gunung.


 

7. Coban Trisula

Photo By : @lingkarmalang

Coban Trisula terletak di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Disebut Coban Trisula karena air terjun ini jatuh ke sungai sebanyak tiga tingkat. Tingkat paling atas dinamakan Coban Atas yang merupakan air terjun utama dari curahan sungai Lajing dengan ketinggian sekitar 35m.

Dibawahnya ada Coban Tengah, yaitu air terjun kedua yang bersumber dari aliran air terjun pertama dengan kolam penampungan air. Ketinggian coban Tengah hanya 2,5m. Tingkat terkhir adalah Coban Bawah atau air terjun ketiga yang bersumber dari aliran Coban Tengah.

Coban terakhir ini memiliki ketinggian sekitar 11m dan letaknya agak tersembunyi. Masing-masing coban di setiap tingkat ini menawarkan keindahan yang saying untuk dilewatkan. Kawasan Coban Trisula menawarkan keindahan tumbuh-tumbuhan.

Harga Tiket :
– Rp 20.000,- /orang mancanegara
– Rp 2.500,- wisatawan local

Ada potongan 50% loh untuk kalian khususnya para-para pelajar dengan menunjukkan kartu pelajar yang masih berlaku 🙂


 

8. Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

Photo By : @m.s.riza

Curug atau air terjun Coban Nirwana ini juga memiliki nama lain Coban Mbok Karimah. Air terjun yang satu ini merupakan air terjun terbaru di Malang yang sedang hits di kalangan traveler muda. Air terjun Nirwana atau Coban Mbok Karimah terletak di kawasan Gedangan, yakni salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Malang Jawa Timur.

Namun, meskipun belum cukup terkenal atau masih jarang dikunjungi bukan berarti tempat wisata ini tidak menarik, akan tetapi ada beberapa hal unik yang akan Anda temukan di tempat ini. Diantaranya, panorama epic dan pemandangan yang keren bisa menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang suka sekali dengan foto selfie.

Harga Tiket :
Tidak di pungut biaya 🙂

Anda ingin berwisata ke Malang, Jawa Timur? Jika iya, maka sempatkanlah mampir di wisata air terjun Coban Nirwana, Malang. Wisata alam yang menjadi daya tarik tersendiri dan sayang untuk Anda lewatkan.


 

9. Coban Tundo

Photo By : @riskyaditya9696

Ada tiga rute, dengan sebagian jalanan beraspal bagus yang bisa kalian pakai untuk sampai ke air terjun ini. Rute pertama menuju Coban Tundo adalah rute yang melewati Kecamatan Bululawang – Turen, lalu melewati Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah ke Sendang Biru. Sementara dua jalur alternatif lainnya adalah melewati Desa Kendung Banteng, dan Desa Klepu Juga Desa Sukodono, Kecamatan Dampit.

Coban Tundo 1 ini adalah air terjun yang lokasinya berada paling atas. Air terjun ini juga yang memiliki cekungan sedalam beberapa meter, yang membuat air terjun ini bisa juga untuk berenang. Sekali lagi, sebaiknya kalian benar-benar bisa berenang kalau mau mencoba berenang disini. Selain itu, jangan sampai terlalu dekat dengan air terjun. Disini juga disewakan ban pelampung untuk kalian yang nggak terlalu bisa berenang. Coban Tundo ini adalah air terjun yang bisa memacu adrenalin. Karena ada tempat untuk loncat dari atas bebatuan setinggi paling tidak 4-5 meter. Biasanya para penyuka tantangan pasti pengen cobain tuh.

Harga Tiket :
Rp. 5000-/ Orang tiket masuk
Rp. 2000-/ Motor

 Salah satu destinasi wisata alam sedang populer saat ini adalah Coban Tundo atau umumnya orang menyebut Coban Tondo. Wisata ini menawarkan keindahan Air Terjuan yang indah berada di Sumbermanjing Malang. Untuk anda yang ingin menikmati keindahan, kesejukan sekaligus keseruan maka Wisata ini sangat cocok untuk anda. Apalagi rombongan ngetrip bersama teman, pastinya sangat seru deh!!


 

10. Coban Pelangi

Photo By : @bahrul_clevo

 Wisata Air Terjun Coban Pelangi terletak di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota malang jaraknya sekitar 30 km ke arah timur, dengan kendaraan dapat ditempuh selama 1 jam. Untuk menuju kesana banyak petunjuk arah di sepanjang jalan atau bisa berpatokan dengan jalur menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru

Separuh perjalanan, kita akan mendapati area camping disisi kanan jalur, lokasi ini tidak terlalu luas tapi bisa menampung beberapa tenda. Masih di sekitar camping ground, terdapat pangkalan nunggang jaran. Nunggang Jaran merupakan fasilitas menaiki kuda dari bawah ke lokasi pintu masuk ketika pulang. Kuda disediakan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkuda atau yang kelelahan melalui trek menanjak. Setelah melewati area camping, pengunjung dihadapkan turunan yang cukup curam, berakhir dengan ujung jembatan bambu untuk menyeberang sungai. Jembatan bambu ini terkenal sebagai jembatan cinta. Selepas jembatan cinta, air terjun coban pelangi sudah tidak begitu jauh. Beberapa menit berjalan, sayup-sayup mulai terdengar suara gemuruh air terjun. Langkah kaki tanpa sadar semakin cepat, tidak sabar ingin menyaksikan keeksotikan air terjun coban pelangi.

 Harga Tiket :
– Harga Tiket masuk – Rp. 6000 per orang
– Harga Camping – 10.000 per orang
– Harga naik kuda – Rp. 10.000
– Parkir sepeda motor – Rp. 2.000 per motor
– Parkir mobil – Rp. 5.000 per mobil

Siapa sih yang ingin menikmati keindahan ini? Pasti seru juga dong kita bisa jalan jalan dengan naik kuda juga , menikmati segar nya air terjun..


 

11.  Air Terjun Coban Rondo

Photo By : @naufalfas_

Air Terjun Coban Rondo Malang adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Wisata air terjun Coban Rondo Terletak di Kota Batu Malang Jatim, Tepatnya di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon.

Air terjun coban rondo ini menyediakan banyak keseruan loh, saya akan menyebutkan keseruan yang ada di Air Terjun Coban Rondo, 1. Fun Tubing, 2. Paint Ball, 3. Satwa dan Kebun. Wahh seru juga kan, ada lagi nih Salah satu wahana yang menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan keluarga adalah wahana satwa dan Kebun. Di wahana ini wisatawan dapat melihat beragam satwa dan juga dapat mencoba beraneka ragam aktivitas seperti; Bersepeda, Outbond pelajar, Outbond kid/care, labirin, kereta kelinci, Sahabat peternak dan petik apel.. wahhh seruu yaa

Harga Tiket Masuk :
Tiket wisatawan                      Rp. 10.000/org
Kendaraan                               Rp. 2.000


 

12. Coban Rais

Photo By : @jatimku

Seperti yang telah banyak kita ketahui, Malang merupakan salah satu Kota Wisata yang hampir semua mengenalnya. Siapa sih yang tidak mengenal deretan wisata di Kota dingin tersebut? Dan saat ini telah muncul tempat wisata Bukit Bulu Coban Rais. Coban Rais sendiri adalah sebuah air terjun yang dulu nya, jadi jika pengunjung iiingin kesana harus terlebih dahulu menyebrangi sungai dengan jumlah 14 kali. Cukup menentang bukan??

Sebenernya Coban Rais sendiri sudah lama ada di Kota Batu, Namun baru akhir akhir ini Coban Rais menjadi Hits di kalangan Traveller . Tempat wisata Coban Rais ini menyuguhkan udara dingin khas Kota Batu yang di iringi oleh gemericik suara air terjun yang sangat menenangkan hati. Jika anda ingin berkunjung ke tempat Wisata Coban Rais ini, untuk lokasi Bukit Bulu Coban Rais berada di susun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu.

Harga Tiket Masuk :
Rp. 7500-/ orang
Rp. 2000-/ kendaraan

Selamat Mengunjungi gaess, kalo hati nya lagi galau kunjungi aja ya Coban Rais hati bakal langsung tenang deh


 

13. Coban Talun

Photo By : @amazingmalang

 Batu adalah salah satu di kota Jawa Timur yang memiliki banyak lokasi wisata menarik, baik yang sudah terpopuler maupun sedang hitz. Wisata Coban Talun kini menjadi salah satu wisata yang lagi hangat-hangatnya di perbincangkan oleh para pecinta wisatawan, Coban ini terkenal sebagai destinasi wisata waterfall yang menarik di batu.

Perlu anda ketahui, Wisata Coban Talun tidak hanya terdapat air terjun yang indah tetapi juga terdapat spot foto yang indah dan menarik untuk selfie. Coban Talun terdapat di Lereng Gunung Arjuna tepatnya di desa Tungulrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Perjalanan menuju ke lokasi bisa di tempuh memakaki kendaraan pribadi anda kok atau juga kendaraan umum.

Harga Tiket :
Rp. 7500-/ orang

Jangan lewatkan keseruan nyaaa ya sobatt, kita juga perlu untuk selfie 🙂


 

14. Coban Kethak

Photo By : @malangplayon

Coban Kethak merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Nama ‘kethak’ sendiri sebenarnya diambil karena memang dahulu tempat ini adalah kawasan perbukitan tempat tinggal kera kera. Dari arah kota wisata Batu, terus menuju ke barat melewati 2 kecamatan yaitu Pujon dan Ngantang. Tak akan kesulitan mencari Coban Kethak karena lokasinya berada persisi di pinggir jalan umum yang dilalui bus kota.

Batu berbentuk kepala singa yang mengeluarkan deras dan kencangnya air tejun setinggi 15 meter, seolah bertambah gagah dengan suaranya yang memecah kesunyian hutan belantara. Disini juga bisa memuaskan hobby fotografi. Sengaja di tata sedemikian rupa indah agar terlihat menarik, wisata alam air terjun Coban Kethak menghadirkan yang tak dihadirkan di tempat lain. Fasilitas umum bagi setiap pengunjung juga sudah tersedia, seperti lahan parkir yang luas, pos pantau, gazebo, ruang bilas, kamar mandi yang bersih.

Harga Tiket :
Rp. 5000-/ orang

Meskipun agak jauh dibandingkan tempat wisata di Malang lainnya, sensasi air terjun atau coban disini memberikan pemandangan unik tak terlupakan.


 

15. Coban Gintung

Photo By : @mtmamalang

Gintung adalah nama pohon yang terdapat disekitar Coban Gintung, Sebab itulah Air Terjun ini diberi nama Coban Gintung atau Gintungan oleh warga sekitar. Selain Air Terjun, wisatawan juga bisa mengunjungi Goa Gintung yang hanya berjarak 50 meter dari Coban Gintung. Disebelah kiri Goa Gintung terdapat Air Terjun yang bisa dinikmati dari atas jembatan. Itu berarti ada dua air terjun yang bisa dinikmati diarea ini. Dan Satunya bernama Coban Nagan Gintung.

Jangan lupa juga bila pergi ke coban gintung jangan buang sampah sembarangan ,mari kita jaga bersama ke asrian coban gintung dan kelak masih bisa di nikmati anak cucu kita…amin ya robal alamin J Untuk memasuki lokasi coban gintung pengunjung hanya membayar biaya parkir untuk sepeda motor 5ribu dan untuk mobil 10 ribu ,itu sudah termasuk tiket masuk lokasi wisata coban gintung,coban gintung sendiri terdiri dari dua air terjun dan bagian atas terdapat goa purba dan  untuk masuk ke goa ini di wajib kan lapor dulu ke juru kunci /pengelola  coban gintung karena di butuhka keberanian dan kesabaran, jadi harus sabar ya gaes J

Harga Tiket :
Tidak di pungut biaya
Harga Parkir  : Rp. 5000-/ motor
Rp. 10000-/ Mobil


 

16. Air Terjun Sumber Pitu

Photo By : @andrean.sy

Coban sumber pitu malang sendiri berada di di wilayah hutan milik perhutani kab. Malang. Rutemenuju ke coban sumber pitu pujon pun cukup mudah. JIka pengunjung berada di kota malang langsung saja menuju ke kota wisata batu. dari kota batu ambil arah menuju ke jalan batu-kediri. lurus saja sampai ketemu pertigaan dengan sebuah patung sapi di pertigaan Ringin Punden lalu belok ke kiri. Dari sana lurus aja menuju ke barat menuju ke dusun pujon.

Disepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan para petani lokal berkebun memetik sayuran disana. Setelah melewati perkebunan sayur pengunjung mulai memasuki jalur tracking menuju hutan milik perhutani tempat dimana coban sumber pitu berada. Suara gemercik air yang jatuh akan mulai terdengar ketika para pengunjung sudah mulai mendekati lokasi air terjun sumber pitu. Ketika pengunjung sudah mulai mendekati ke air terjun sumber pitu akan menemui aliran sungai yang berasal dari mata air tersebut.

Harga Tiket :
Rp. 10000-/ orang


 

17. Air Terjun Ringin Gantung

Photo By : @dianvistayuanica

 Penamaan Ringin Gantung tentu saja tak sembarangan. Dinamakan Ringin Gantung, karena disamping air terjun tersebut, muncul pohon beringin yang tumbuh subur diantara tebing-tebing cadasnya. Coban Ringin Gantung menawarkan pemandangan alami yang masih sangat hijau dan bersih. Hijaunya pemandangan sekitar dan jernihnya air yang mengucur membuat coban ini sangat eksotis. Hawanya yang masih sangat sejuk dan segar dapat melepaskan rasa penat yang Anda tanggung sehari-hari dalam rutinitas kerja. Nih siapa yang lagi penatt buruan kesini nih, semua penat kita akan hilang 🙂

 Dan disini masih belum ada fasilitas yang memadahi karena memang coban ini bisa dibilang belum lama diketahui dan pemerintah pun belum memperhatikan kawasan ini. Coban Ringin Gantung menantang jiwa petualangan Anda untuk menjelajahi keindahannya. Medan menuju obyek wisata ini cukup menantang. Perjuangan untuk sampai lokasi air terjun, membutuhkan tenaga ekstra.

 Harga Tiket :
Tidak di pungut biaya


 

18. Coban Siuk

Photo By : @bahrul_clevo

 Air terjun dengan ketinggian yang hamper mencapai 90 meter ini mengeluarkan debit air yang cukup besar. Selain menikmati air terjun yang indah, disini anda juga bias menikamti segarnya air dengan bermain di tepian kolam bawah air terjun.

Anda juga bias mengunjungi gua peninggalan jepang yang ada di sekitar kawasan air terjun. Tak hanya itu, di tengah perjalanan menuju Coban Siuk, anda juga bias menemukan coban lain setinggi 12meter. Lokasi Coban Siuk berada di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Bagi sobat traveller yang ingin berkunjung sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman. Tiketnya pun masih gratis, mungkin hanya membayar parker kendaraan.


 

19. Air Terjun Banyu Anjlok

Photo By : @malang_mbois

Air terjun di tepi pantai ini menjadi destinasi wisata yang belakangan ini lagi ngehits. Banyu Anjlok menguguhkan wisata air terjun yang berpadu dengan keindahan kolam alam dan pantai.

Air terjun ini memang menghadap ke pantai Lenggoksono dan airnya langsung mengalir ke laut. Diatasnya, anda bias menikmati kolam alamnya yang menyegarkan. Banyu anjlok terletak di daerah Dampit, Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Harga Tiket :
Rp 5000,-


 

20. Coban Parang Tejo

Photo By : @ahmadsihabuddin

Air terjun Coban Parang Tejo terletak di dusun Princi, Desa Gading kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Coban ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan kecuran air dari atas sampai bawah yang relative halus.

Selain lokasinya yang masih tersembunyi dan alami, keindahan yang dapat anda nikmati di Coban Parang Tejo adalah adanya pelangi yang muncul saat pagi hari. Biasan cahaya matahari oleh percikan air terjun menciptakan sebuah lengkung spectrum warna-warni.

Harga Tiket :
Untuk saat ini sih belom dipungut biaya apapun jika kalian ingin ke Coban Parang Tejo ini.


 

Air terjun yang dingin, nyaman, sejuk menbuat kalian tertarik menuju kesana bukan? Nah itu tadi 20 tempat wisata alam yang pastinya membuat kalian ingin berkunjung kesana 🙂 Jangan lewatkan momen-momen liburan anda tentunya… Tunggu apalagi segera berkunjung ke 20 air terjun hits itu 🙂 Selagi kalian ada waktu dan tentunya ajak teman-teman, sodara, doi, sapalah itu semuanya diajak 🙂 Selamat berkunjung 🙂

Berlangganan Penawaran Dari Kami

Jangan khawatir, Kami tidak akan spam!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Bababeli
Logo
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0