Makanan Khas Malang yang Bisa Kamu Bawa Pulang Jadi Oleh-Oleh

Berkunjung ke kota apel, Malang tentu tak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya. Jika kita berbicara soal oleh-oleh, maka bentuknya bisa bermacam-macam. Oleh-oleh bisa berupa makanan, minuman, dan barang antik. Oleh-oleh Khas Malang sangatlah beragam, maka dari itu kamu harus simak ulasannya berikut ini dimana akan menjelaskan produk oleh-oleh paling banyak dicari para wisatawan ketika melancong ke Malang. 

 

1. Malang Strudel

Photo By : dolandolen.com

Strundel, makanan ini adalah oleh-oleh khas Malang yang paling dicari oleh masyarakat. Makanan ini hampir sama dengan pastri berlapis. Asal makanan ini adalah Benua Eropa, biasanya strudel diisi dengan manisan buah. Kamu dapat membeli strudel di Malang Strudel yang tersebar di beberapa lokasi kota ini.

Harga satu kotak strudel adalah Rp. 45.000. Jika kamu berkunjung ke kota Malang makanan satu ini wajib kamu jadikan oleh-oleh karena kamu hanya dapat menemukan makanan ini di Malang. Malang Strudel tersedia dalam beberapa varian rasa yaitu chocho banana, orang, mixfruit, dan lainnya.

Alamat :
– Jl. Soekarno Hatta 2 Kav 6, Kota Malang
– Jl. Diponegoro No.171C, Kota Batu
– Jl. Ardimulyo No.14, Singosari, Kabupaten Malang

Jam Operasional :
06.00 – 22.00 WIB

Phone :
 (0341) 4372746


 

2. Apel

Photo By : dolandolen.com

Apel dari Malang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan, mengobati peradangan dalam tubuh, penghancur batu ginjal, serta menjauhkan tubuh dari racun. Kamu dapat mengkonsumsi apel ini secara langsung ataupun diolah menjadi jus.

Berkunjunglah ke Kusuma Argowisata Batu jika kamu ingin merasakan sensasi memetik buah apel secara langsung beserta menikmati udara sejuk dan pemandangan indah. Selain Apel, di sana juga terdapat buah jambu merah, stroberi, buah naga, jeruk yang tentunya bebas pestisida.

Alamat :
Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Ngaglik, Batu Sub-District, Batu City, East Java 65311

Phone :
0800 1593333


 

3. Sari Apel

Photo By : dolandolen.com

Di Malang ,banyak yang menjual oleh-oleh hasil olahan buah apel. Jika kamu berkunjung jangan lupa membeli makanan unik ini. Kamu dapat mengunjungi Kota Batu jika kamu menginginkan makanan olahan apel seperti sari apel, cuka apel, jenang apel hingga keripik apel. Soal kualitas kamu tidak perlu khawatir karena Kota Batu sudah terkenal akan kualitas apelnya.

Sari apel merupakan ekstrak dari buah apel. Proses pembuatan makanan satu ini, pertama-tama apel dibersihkan dengan cara dicuci dan dibuang isinya. Kemudian apel dimasukkan ke dalam mesin peras sehingga sari apel dan ampasnya terpisah. Kamu harus pintas memilih jika ingin membeli sari apel, karena ada pula sari apel yang menggunakan pemanis buatan. Harga untuk satu botol sari apel sekitar Rp. 36.000.


 

4. Kue Strudel

Photo By : dolandolen.com

Strudel Malang bisa dikatakan sebagai oleh-oleh baru di kota Malang. Kue satu ini merupakan kue berlapis terbuat dari pastri yang diisi dengan berbagai buah-buahan. Makanan ini merupakan makanan favorit warga Austria, Jerman dan negara Eropa lainnya.

Jika kamu tertarik untuk membelinya, maka kamu harus berkunjung ke Malang. Karena kue ini hanya dapat kamu beli di Malang yang membuatnya jadi oleh-oleh khas Malang. Bagi kamu yang berminat dapat datang langsung ke outlet Songsong, alamatnya di Jl.Adimulyo No. 14 Singosari, Malang. Harga jual Strudel Malang sekitar Rp. 60.000


 

5. Aneka Keripik Buah

Photo By : dolandolen.com

Bagi kamu penggemar buah, sudah coba mengkonsumsi olahan buah dalam bentuk keripik? Di Malang terdapat aneka ragam keripik buah. Mulai dari keripik apel, melon, rambutan, semangka hingga salak ada di sini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi Jl. R Tumenggung, tempat ini memang biasa jadi tempat tujuan turis yang hendak membeli oleh-oleh.

Ketika kamu memasuki wilayah ini, maka ada banyak toko berbaris di pinggir jalan. Harga yang ditawarkan bisa dibilang murah, satu bungkus keripik apel dijual hanya dengan harga Rp. 8.500 per bungkus sedangkan keripik semangka hanya Rp. 12.000 per bungkusnya.


 

6. Keripik Tempe

Photo By : dolandolen.com

Tadi kita sudah membahas tentang keripik buah, sekarang saatnya membahas tentang keripik tempe. Sebenarnya keripik tempe hampir sama dengan oleh-oleh khas Tenggalek yang membedakan adalah keripik tempe di Malang punya nama spesifik yaitu keripik tempe Sanan. Penambahan kata Sanan karena keripik tempe memang diproduksi di kawasan Sanan, kelurahan Purwantoro, kecamatan Blimbing.

Keripik tempe Sananpun memiliki bahan baku tambahan tambahan yaitu adonan tepung bumbu yang membuat kripik tempe terasa renyah. Jika kamu berminat membeli keripik tempe, langsung saja datang ke pusatnya yaitu di Jl. Sanan. Kamu akan melihat toko oleh-oleh di sepanjang jalan. Harga satu bungkus keripik tempe mulai dari Rp. 6.500.


 

7. Keripik Ceker

Photo By : dolandolen.com

Biasanya orang akan membuang ceker karena tidak memiliki daging. Namun ternyata, bahan satu ini bisa dijadikan keripik yang enak dan lezat. Proses pembuatannya yaitu ceker dimemarkan lalu ditambah dengan bumbu dan tepung terigu kemudian digoreng. Keripik ceker memiliki banyak nutrisi seperti kolagen, asam amino dan nutrisi.

Kamu bisa membeli keripik ceker di Toko Lancar Jaya yang berlokasi di Jalan Tumenggung Suryo 86 Malang. Tersedia dari ukuran 100gr hingga 1kg. Harga satu bungkus keripik ceker mulai dari Rp. 13.000.


 

8. Aneka Olahan Telo Di Repoeblik Telo

Photo By : dolandolen.com

Orang Jawa biasa menyebut ubi dengan nama Telo, kamu bisa menjadikan berbagai macam olahan telo sebagai oleh-oleh dari malang. Beberapa hasil olahan yang bisa kamu beli adalah bakpao telo, pizza telo, es krim telo dan keripik telo. Jika kamu berminat maka dapat membelinya di Repoeblik Telo.

Tempat ini merupakan pusat oleh-oleh yang juga dilengkapi dengan sebuah cafe. Kertika memasuki Repoeblik Telo, kamu akan melihat berbagai macam olahan dari ubi. Ubi yang biasanya identik dengan cara penyajian direbus atau kukus akan terlihat sangat berbeda di sini.

Ubi diolah menjadi berbagai macam makanan modern seperti ice cream, brownies, pizza, nugget, bakpao dan lainnya. Untuk minumnya, tersedia pula aneka olahan buah, sari apel, temulawak dan aloe vera. Harga untuk aneka olahan ini juga terjangkau contohnya adalah kue tok Rp. 4.000, jus telo Rp. 5.000 dan bakpao telo isi 6 Rp. 22.500.

Alamat :
Jl. Raya Malang – Gempol No.444, Sentul, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur 67163

Jam Operasional :
06.00 – 22.00 WIB

Phone :
(0341) 428717


 

9. Pia Mangkok

Photo By : dolandolen.com

Oleh-oleh khas Malang berikutnya adalah pia mangkok. Pia Cap Mangkok menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Malang untuk dijadikan oleh-oleh karena rasa Pia Cap Mangkok cukup berbeda dan khas Malang sangat terasa. Pia terasa empuk dan memiliki beragam isian. Sebenarnya pia mangkok tidak jauh berbeda dengan bakpia pathok khas jogja hanya saja pia mangkok memiliki tekstur kulit yang lebih kering juga renyah.

Harga untuk satu kotak pia berbeda-beda tergantung jumlah dan rasa. Isi coklat Rp. 49.000, isi kacang hijau Rp. 49.000, isi Kopi Rp. 49.000, isi Tangkwee Rp. 53.000, isi keju Rp. 53.000. Kamu dapat membeli pia mangkok di Jl. Semeru, Tidar, Sukarno Hatta, dan cabang baru di Singosari.


 

10. Frozen Bakso

Photo By : dolandolen.com

Salah satu makanan malang yang terkenal adalah Bakso Malang. Bagi kamu yang sangat suka bakso ,sebaiknya mengunjungi tempat Bakso Malang yang terkenal yaitu Bakso Malang President d Jl. Batanghari No. 5 (Belakang Hotel Savana), Malang.

Di sini kamu bisa membeli bakso beku untuk dijadikan oleh-oleh, jika kamu menyimpan bakso beku (frozen bakso) di dalam kulkas maka bakso dapat bertahan hingga beberapa bulan. Sebelum memesan ada baiknya melihat papan menu terlebih dahulu karena bakso dijual satuan, namun ada pula paket campur spesial/campur hemat. Harga untuk frozen bakso isi 25-33 butir adalah Rp. 65.000.


 

11. Keramik Dinoyo

Photo By : dolandolen.com

Jika kamu mencari oleh-oleh yang tahan lama hingga bertahun-tahun maka Keramik Dnoyo adalah pilihan tepat. Keramik Dinoyo merupakan keramik khas Malang. Terdapat Kampung Wisata Keramik Dinoyo, letaknya di Kelurahan Dinoyo Malang.

Kampung ini diresmikan sebagai kampung wisata keramik sejak tahun 2010. Terdapat sekitar 30 toko yang menjual kerajinan keramik khas Malang. Bentuknya beraneka ragam, ada yang berbentuk peralatan dapur seperti gelas, mug, wadah air, piring kecil dan ada pula yang berbentuk hiasan seperti guci, vas bunga asbak serta lainnya.

Untuk menuju ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi juga umum. Dari pusat kota Malang, kamu dapat langsung pergi ke Kelurahan Dinoyo, letaknya di Jl. MT Haryono XI. Untuk harga, terdapat keramik murah dengan range harga mulai dari Rp. 1.500 hingga Rp. 20.000. Keramik di sini memang terkenal murah namun berkualitas, oleh karena itu banyak penggemar keramik berburu keramik ke kampung ini.


 

Ternyata ada banyak kuliner Malang yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau sahabat di kampung halaman. Memang banyak pilihannya, jika kamu bingung kenapa tidak membeli semuanya? Semoga Bermanfaat 😉 Selamat Berbelanja di Kota Apel ini 😉

Berlangganan Penawaran Dari Kami

Jangan khawatir, Kami tidak akan spam!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Bababeli
Logo
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0