5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Berangkat Hiking ke Gunung

Mendaki gunung bagi sebagaian orang layaknya candu, sekali mendaki pasti ingin kembali lagi mengarungi dahsyatnya pengembaraan diri diatas gunung. Setiap tahun ribuan orang dari seluruh dunia meninggalkan rumahnya selama beberapa hari untuk melakukan pendakian dan eksplorasi permukaan gunung di seluruh dunia. Orang-orang sangat antusias akan trek yang dihadapinya dan melakukan berbagai persiapan sebelumnya. Nah pengen tau yang kalian perlukan jika kalian ingin hiking? Nih ada 5 tips šŸ˜‰

 

1. Persiapkan Fisik dan Stamina

Photo By : dolandolen.com

Berlokasi di alam bebas yang pada dasarnya bukan habitat manusia pada umumnya, kegiatan mendaki gunung membutuhkan kondisi fisik yang prima. Meski gunung yang akan Anda daki adalah gunung yang disebut sebagai gunung yang cocok pedaki pemula, tak berarti bahwa Anda bisa mengabaikan persiapan fisik ini. Anda sangat disarankan untuk berlatih fisik, terutama latihan kekuatan dan daya tahan, paling tidak 2 (dua) bulan sebelum pendakian. Jika gunung yang akan Anda daki memiliki ketinggian lebih dari 3.000 meter misalnya, Anda sebaiknya latihan fisik lebih lama lagi.


 

2.Ā Lakukan Riset Kondisi Gunung

Photo By : dolandolen.com

Jika saat traveling Anda terbiasa untuk tidak riset tentang objek wisata setempat karena ingin merasakan pengalaman ā€œkejutanā€, Anda tidak boleh melakukan kebiasaan ini jika ingin mendaki gunung. Lakukan riset dan kumpulkan informasi serinci mungkin tentang kondisi trek atau jalur di gunung itu, suhu dan cuaca terkini, status gunung (terutama jika itu adalah gunung berapi yang masih aktif), lokasi posko SAR, dan lain-lain. Semakin banyak informasi yang Anda punya akan semakin baik.


 

3.Ā Persiapkan Alat Pendakian

Photo By : dolandolen.com

Anda membutuhkan peralatan untuk mendukung Anda survive di gunung dan hal ini sering diremehkan oleh banyak pendaki pemula, bahkan yang senior. Peralatan bukan hanya soal peralatan P3K, tapi juga peralatan dasar seperti jaket, sepatu gunung, pakaian, tenda, kompas, dan peta pendakian. Menyiapkan peralatan tak berarti Anda harus membeli karena kini cukup banyak tersedia rental alat-alat outdoor dengan harga yang bersahabat. Memang dengan membawa banyak alat akan semakin membuat berat barang bawaan Anda, tapi hal itu jauh lebih baik daripada membawa perlengkapan seadanya, bahkan di bawah standar keselamatan. Pun jika Anda merasa berat membawanya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa porter yang tersedia di lokasi awal pendakian.


 

4.Ā Hitung Kebutuhan Logistik Dengan Cermat

Photo By : dolandolen.com

Anda tentu tidak ingin kelaparan di perjalanan atau saat di puncak gunung, karena kemungkinan besar di sana tidak akan ada warung apalagi restoran. Hitung dengan cermat semua kebutuhan logistik Anda dan rekan, bagi tugas siapa yang membawa apa dan pastikan masing-masing membawanya, atau setidaknya membelinya sebelum pendakian dimulai. Jangan pernah membawa logistik secukupnya, bawalah ekstra untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Bawa juga kantong plastik untuk menampung sampah dari logistik yang Anda bawa dan bawa kembali sampah itu turun. Ingat, gunung bukan tempat sampah.


 

5.Ā Peka Terhadap Kondisi Sekitar dan Diri Sendiri

Photo By : dolandolen.com

Tak sedikit pendaki yang memaksakan diri untuk terus mendaki meski kondisinya sangat tidak memungkinkankarena alasan ā€œSayang ah sudah sampai sini masa ga bisa ke puncakā€. Saat mendaki gunung, Anda harus benar-benar peka terhadap kondisi alam dan diri sendiri. Jika kondisi cuaca berubah menjadi terlalu ekstrim, Anda sebaiknya berhenti, kembali, atau mencari tempat aman. Jika kondisi tubuh Anda terasa letih, beristirahatlah atau kembali jika masih memungkinkan. Lebih baik Anda batal naik gunung atau batal sampai puncak daripada memaksakan diri dan berpotensi besar membahayakan diri sendiri dan orang lain.


 

Selain kelima hal tersebut, masih banyak hal lain yang harus Anda persiapkan atau perhatikan sebelum mendaki gunung, seperti soal perizinan (SIMAKSI misalnya) serta etika dan peraturan pendakian. Jika Anda sudah memahami dan menyiapkan semuanya, Anda bisa mulai menentukan gunung yang akan Anda daki dan mencari tiket pesawat, akomodasi, dan sewa mobil di sana. Selamat berlibur guys šŸ˜‰

Berlangganan Penawaran Dari Kami

Jangan khawatir, Kami tidak akan spam!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Bababeli
Logo
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0