10 Air Terjun Terindah Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

Malang, kota yang selalu diburu oleh para traveller karena wisata alamnya yang begitu indah, salah satunya adalah wisata air terjun (coban). Memiliki udara yang sejuk tak lain karena letak geografis Malang yang dikelilingi oleh beberapa pegunungan, seperti pegunungan Bromo-Tengger, Gunung Semeru, Gunung Arjuna ataupun Gunung Kawi. Dan berkat adanya gunung-gunung tersebut pula, Malang dianugerahi banyak sekali air terjun (coban) yang cantik.

Nah, bagi sobat traveler yang tertarik untuk menjelajahi tempat wisata air terjun (coban) di kawasan Malang dan sekitarnya, Tim Bababeli telah menyiapkan 10 daftar terbaik dan terindah. Tempatnya keren, asyik dan seru lho, bahkan ada beberapa lokasi air terjun (coban) yang masih tersembunyi dan belum terjamah.

 

1. Mahakarya Sang Pencipta yang tiada duanya, Coban Tumpak Sewu

Photo By : @angelineshuu

Jangan mengaku traveller sejati, jika belum mencoba sensasi menjelajahi Coban Tumpak Sewu di kawasan perbatasan Malang – Lumajang ini. Istialh “Coban” sendiri merupakan panggilan masyarakat jawa untuk air terjun sedangkan “sewu” berarti seribu. Dinamakan demikian karena memang air terjun yang mengalir dari ketinggian tidak hanya satu dua namun bisa dikatakan rombongan, hal ini lah sebabnya dinamakan Coban Sewu. Derasnya air yang meluncur dari ketinggian kurang lebih 180 meter ini memang patut diperhitungkan keindahannya.

Melihat Coban Tumpak Sewu seakan mengingatkan Dolaners pada air terjun niagara, namun yang ini tentu saja niagara yang bermukim di Jawa Timur. Banyak yang menyebut cucuran air terjun Coban Tumpak sewu ini turun dari surga. Pasalnya airnya begitu jernih, sejuk, menyegarkan, seakan membuat siapa saja yang melihat merasa kagum.

Alamat:
Tamanayu, Pronojiwo, Lumajang arah Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket:
Rp. 5.000,-


 

2. Air terjun yang masih sangat perawan dan menggoda, Coban Ciblungan

Photo By : @sahrulmaulansya

Air terjun di Coban ini tidak tinggi, namun cukup indah apalagi bagi pecinta slow speed photography, disekelilingnya banyak terdapat batu-batu besar khas sebuah air terjun. Disana Dolaners bebas bermain air jatuh menjulur ke sungai yang tidak terlalu dalam. Fasilitas penunjang pun cukup memadai, terdapat ruang ganti atau kamar mandi di dekat rumah penduduk.

Selain tempatnya yang masih alami, salah satu coban di kawasan Malang ini juga bisa menjadi alternative wisata budaya, penduduk disana sangat ramah, disarankan untuk lebih mengenal dan berinteraksi dengan penduduk sekitar yang rata-rata petani kopi dan cengkeh. Oiya Coban Ciblungan Malang juga bagus untuk digunakan sebagai pre wedding lho.

Alamat:
Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur – Indonesia


 

3. Sensani melompat dari ketinggian 20 meter di Coban Tundo 3

Photo By : @alamsyah23glembis

Satu lagi keindahan Kabupaten Malang yang wajib untuk Dolaners kunjungi. Coban Tundo namanya. Coban Tundo yang berada di kawasan Malang Selatan ini sebenarnya memiliki 3 tingkatan dalam satu kawasan sekaligus. Yakni Coban Tundo 1, 2 dan 3. Namun yang menjadi spot terfavorit adalah Coban Tundo 3 yang mana Dolaners bisa melompat dari tebing dengan ketinggian kurang lebih 20 meter.

Sangat menarik bukan untuk dicoba? Tentu saja tidak sembarang orang bisa melakukan hal ini, hanya Dolaners yang berjiwa pemberani yang bisa melakukan kegiatan anti mainstream ini.

Alamat:
Sumbermanjing Wetan, Desa Tambakasri, Kabupaten Malang, Jawa Timur – Indonesia


 

4. Kenikmatan hawa sejuk pegunungan ditemani gemercik air di Coban Rondo

Photo By : @windisintia_

Hawa dingin yang menaungi kota Malang merupakan salah satu alasan mengapa kota ini banyak dirindukan. Namun tidak hanya itu saja, ada sebuh destinasi wisata alam yang sangat melekat dengan hawa sejuknya Malang Raya. Coban Rondo Malang merupakan sebuah air terjun yang sangat popular di kalangan wisatawan domestic dan mancanegara. Air terjun di Malang Raya ini bersumber dari mata air Cemoro Budo yang merupakan salah satu sumber di kawasan pegunungan. Dengan ketinggian tidak kurang dari 84 meter wisata alam ini menjadi salah satu destinasi favorite saat liburan tiba.

Nuansa keindahan dan kealamian membalut suasana air terjun yang nampak klasik diseputar pusaran air terjun tersebut. Dolaners bisa memanjakan organ pernafasan dengan leluasa menghirup udara bersih, sejuk dan bebas dari polusi disana sebanyak dan sepuas Dolaners.

Alamat:
Jalan Coban Rondo, Pandesari, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket:
Wisatawan Domestik: Rp. 15.000,-
Wisatawan Mancanegara: Rp. 25.000,-

Jam Buka:
09.00 – 17.00 WIB


 

5. Permata tersembunyi di kawasan dingin pegunungan, Sumber 7 Pujon

Photo By : @andrean.sy

Bagi Dolaners yang ingin berpetualang di Malang tanpa harus menghabiskan banyak waktu, mungkin Coban Sumber Pitu cocok untuk dikunjungi. Wisata air terjun yang terletak di kawasan Pujon Selatan (Kab. Malang) ini terbilang fresh karena mulai populer sekitar tahun 2014.

Selain fresh, tidak banyak pula warga Malang yang mengetahuinya karena petunjuk jalan untuk mencapainya sangat minim. Suasana pedesaan akan Dolaners rasakan begitu samapi di kawasan Pujon. Setelah melewati akses jalan yang menantang, kepuasan Dolaners akan terbayarkan begitu melihat keindahan air terjunnya.

Alamat:
Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket:
Rp. 10.000,-


 

6. Coban Talun, bonus dari alam yang ditempatkan di area bumi perkemahan

Photo By : @aziznahel

Coban Talun merupakan suatu tempat wisata air terjun yang berada di kota malang. Air terjun Coban Talun ini berkawasan di di wisata bumi perkemahan yang ada di lereng gunung Arjuna bagian barat yang lokasinya kurang lebih sekitar 15 km dari kota Malang.

Di sepanjang perjalanan menuju Coban Talun Malang, Dolaners akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Dengan pemandangan kanan kiri pohon apel yang banyak sekali ditanam oleh warga yang sangat menggugah selera. Untuk kondisi jalan untuk menuju lokasi Coban Talun jalannya berbatu, tapi cukup aman untuk dilewati kendaraan beroda 4.

Alamat:
DAM Coban Talun, Tulungrejo, Kec. Batu, Kota Wisata Batu, Jawa Timur


 

7. Coban Rais, air tejun tertinggi di kawasan Malang Timur

photo By : @intan_yang

Satu lagi air terjun yang cukup terkenal dan sering dikunjungi para wisatawan adalah Air Terjun Coban Rais. Air Terjun ini berlokasi di kawasan Batu Malang tepatnya terletak di Dusun Dresel, desa Oro-oro ombo, Kota Wisata Batu. Lokasinya yang relatif di dekat kota batu menjadikan coban rais ini salah satu wisata murah meriah yang sering dikunjungi wisatawan untuk mengisi liburan. Air terjun dengan ketinggian 80 meter, cukup tinggi untuk sebuah ukuran air terjun.

Disana Dolaners bisa mandi atau bermain-main air sesuka hati. Yang pasti tetap jaga kebersihan dan bawa kembali sampah Dolaners dan buang pada tempat sampah, supaya alam tetap terjaga kelestariannya.

Alamat:
Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu, Malang, Jawa Timur – Indonesia


 

8. Tempat dimana pelangi mendarat ketika datang, Coban Pelangi

Photo By : @jatimku

Coban Pelangi merupakan salah satu kawasan wisata air terjun yang berada di kabupaten Malang. Disebut Coban Pelangi karena memang di tempat ini pernah muncul sebuah pelangi dan terkena efek pembiasan dari sinar matahari yang menghantam air.

Dengan hal tersebut ditambah lagi ketinggiannya yang kurang lebih 110 meter, Coban Pelangi menjadi salah satu tempat wisata favorite para Dolaners Malang Raya.

Alamat:
Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket:
Rp. 6.000,- per orang

Jam Buka:
07.00 – 16.00 WIB


 

9. Coban 7 Tumpang, gemercik air yang jatuh dari sumber mata air

Photo By : @yemimaria

Coban pitu, dinamakan demikian karena memang tempat ini menghadirkan gemericik air terjun dengan 7 aliran namun bersumber dari 1 mata air ini menyuguhkan panorama yang lain dari yang lain. Coban ini terletak di perbukitan, sepanjang perjalanan menuju ke tempat ini Dolaners akan disuguhi pemandangan alam yang asri.

Sebelum menjangkau lokasi Coban Sumber 7 Tumpang terlebih dahulu Dolaners akan dimanjakan dengan panorama Coban Tunggal dengan debit yang besar dan deras melalui jalan setapak. Jadi bisa dikatakan ketika Dolaners berkunjung, Dolaners akan mendapatkan 2 destinasi wisata sekaligus dalam satu perjalanan.

Alamat:
Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur – Indonesia


 

10. Keindahan taman bunga dengan air terjun di tengahnya, Coban Jahe

Photo By : @muilchariri13

Coban Jahe merupakan sebuah wisata air terjun yang berbeda dari kebanyakan air terjun pada umumnya. Wisata ini nampak seperti taman bunga cantik berwarna warni yang kemudian terdapat air terjun di tengahnya.

Derasnya debit air yang meluncur dari ketinggian tidak kurang dari 45 meter menyentilkan percikan air yang mengenai berbagai benda yang terdapat dibawahnya. Coban Jahe Malang sungguh merupakan destinasi wisata alam yang instagramable.

Alamat:
Tumpang, Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur – Indonesia

Harga Tiket:
Rp. 5.000,- per orang


 

Yang pasti, siapkan fisik dan perlengkapan jika Anda berniat mengunjungi 10 wisata air terjun (coban) di Malang tersebut, dan Anda pun siap berpetualang. Kebanyakan lokasinya memerlukan persiapan fisik karena lokasi eksotisnya masih agak tersembunyi dan perlu ditempuh dengan berjalan kaki sebelum Anda benar-benar berdiri di hadapannya. Selain itu, siapakan diri Anda untuk menemui pemandangan yang luar biasa indah di berbagai lokasi air terjun (coban) ini.

Berlangganan Penawaran Dari Kami

Jangan khawatir, Kami tidak akan spam!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Bababeli
Logo
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0