Kecanggihan Fitur Face ID yang Dimiliki oleh IPhone X

Pada tahun ini apple merilis sebuah iphone seri baru yg bernama iphone X. Iphone x dirilis untuk menandai sepuluh tahun bedirinya apple. Iphone x memiliki body yang unik yg berbahan dasar kaca. Iphone x memiliki pengamanan super kuat dikarenakan iphone x menggunakan fitur face id. Apple mengganti sistem sidik jari dengan face id karena dianggap mempermudahkan pengguna iphone. Untuk kali ini akan membahas kecanggihan fitur face id tersebut yang dimiliki oleh Iphone X tersebut :

 

Photo By : @indozonetech

Fitur pemindai sidik jari Touch ID yang setia menemani iPhone semenjak iPhone 5S hingga iPhone 8 dihilangkan di model flagship baru, iPhone X. Sebagai gantinya Apple menerapkan sekuriti biometrik baru, Face ID, yang berbasis pemidai wajah.

Face ID menimbulkan banyak pertanyaan, terutama menyangkut aspek keamanan dan kemudahannya dibanding pemidai sidik jari konvensional.

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Apple pekan ini merilis sebuah white paper berisi penjelasan mengenai cara kerja Face ID.

Disebutkan bahwa Face ID memindai dengan kamera “TrueDepth” yang menggunakan 30.000 titik infra merah dan gambar infra merah 2D untuk memetakan wajah pengguna.


 

Photo By : @smartphone.news.updates

Data ini kemudian dipakai membuat serangkaian gambar 2D dan depth map yang dibubuhi digital signature dan disimpan di dalam Secure Enclave secara lokal di ponsel sebagai basis pencocokan wajah.

Untuk mengatasi usaha mengecoh Face ID, Apple menerapkan sistem kedua yang khusus ditujukan untuk mengenali upaya spoofing.

Tambahan neural network dirancang untuk mengetahui dan melawan percobaan untuk membuka ponsel Anda dengan foto atau topeng

Apple berani mengklaim bahwa sistem pertahanan anti-spoofing Face ID bakal tetap mengenai apakah yang di depannya sungguh wajah manusia atau hanya topeng.

Meski demikian, sistem pengenal Face ID disebutkan tetap mampu mengenali wajah pengguna asli biarpun memakai aksesori seperti topi, kacamata, atau menumbuhkan kumis atau jenggot.


 

Lemah terhadap anak dan orang kembar

Kepala pemasaran Apple Phil Schiller sempat bercanda soal “kembaran jahat” yang bisa membuka Face ID. Hal tersebut ternyata merupakan masalah serius karena Apple mengakui Face ID bisa kesulitan membedakan pengguna apabila memiliki kembaran yang mirip.

Kemungkinan iPhone X bisa dibuka lewat Face ID oleh seseorang yang diambil secara acak dari populasi adalah sekitar 1:1.000.000 (berbanding 1:50.000 untuk Touch ID).

Begitu juga dengan anak. Apple mengatakan bahwa Face ID bisa kesulitan mengenali wajah orang yang berumur di bawah 13 tahun lantaran “ciri-ciri khas wajahnya belum berkembang secara penuh”.

Memang, mungkin tak banyak orangtua bakal memberikan iPhone X yang berharga mulai belasan juta rupiah ke anaknya. Tapi bisa saja perangkat tersebut dipinjamkan ke sang anak. Dalam kasus ini, Face ID aganya tak bisa berbuat banyak.

Saat pengguna kesulitan memakai Face ID untuk membuka kunci perangkat, Apple menyediakan cara untuk mematikan fitur tersebut dengan menekan tombol di samping untuk mematikan ponsel. iPhone X kemudian akan meminta passcode.

Bagaimana dengan penggunaan Face ID untuk pembayaran lewat Apple Pay? iPhone X akan meminta konfirmasi berupa klik dua kali di tombol sleep, supaya pengguna tidak melakukan transaksi secara tidak sengaja begitu ponsel mengenali wajah.


 

Canggih bukan? iPhone X ini dibanderol ndengan harga $999 atau setara dengan 13 juta. Wajar dengan harga seperti itu anda mendapatkan fitur” yg sangat banyak. Dengan body elegan dan layar anti air dan debu sangat terlihat elegan tentunya. dan Fitur Face ID yang membuat keamanan semakin ketat. Tunggu apalagi silahkan menabung dan segera membeli iPhone X ini 🙂 silahkan 🙂

Berlangganan Penawaran Dari Kami

Jangan khawatir, Kami tidak akan spam!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Bababeli
Logo
Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0